Wednesday, March 31, 2010

indonesia communication system (Trans TV)

TRANS TV

- Realigi
Setiap Minggu pk . 21.00 WIB
Pendekatan : Drama
Fungsi : Realigi
Drama reality yang sarat dengan siraman rohani. Mengangkat kisah anak manusia yang berupaya / berusaha untuk mengajak orang terdekat (Orang tua, anak,sahabat, dll) untuk kembali ke jalan yang benar. Program ini tidak menggunakan host. Disamping keberadaan Tim Trans TV, akan ada seorang konselor dan motivator (Ustadz,Psikolog, dll) bagi pelapor untuk mencari solusi yang terbaik. Pelapor adalah orang terdekat dengan Target. Di akhir cerita usaha menyadarkan Target tidak selalu harus berhasil. Kamera akan selalu mengikuti Pelapor dalam usahanya menyadarkan Target (No- Hidden Camera)

- Jail
Pendekatan : Komedi
Fungsi : Hiburan
Program ini adalah sebuah comedy reality show berdurasi 30 menit yang menangkap kelucuan suatu situasi. Setiap episode akan menampilkan beberapa ide jahil yang telah dipersiapkan untuk menjahili orang dan tempat secara acak. Tim produksi akan berkeliling ke berbagai lokasi untuk mencari korban yang akan dijahili. Content dari acara ini berupa practical joke yang sifatnya situasional (dengan mempermainkan emosi “korban”) atau joke yang menggunakan properti untuk mengerjai dan menjebak “korban“ ke dalam situasi komedi yang mengundang tawa pemirsa.

- Termehek Mehek:
Setiap Sabtu pk 18.00
Pendekatan : Drama
Fungsi : Sosial
Sebuah Drama Reality, pencarian yang akan mempertemukan client dengan orang yang sangat ingin ditemuinya (target) karena sebuah alas an khusus, dimana client tidak tahu keberadaan sang target sekarang (lost contact). Target bisa merupakan seseorang dari masa lalu client (mantan pacar, teman kecil, sahabat, kerabat, dll) Atau seseorang yang pernah ditemui client tapi tidak tahu siapa dan dimana target berada. Host akan melakukan pencarian berdasarkan petunjuk yang dimiliki oleh client, seperti foto, surat, alamat terakhir, dll. Setelah berhasil melakukan pencarian, host kemudian akan mempertemukan client dengan sang target. Konflik akan terjadi pada saat proses pertemuan client dengan target. Program akan diperkuat dengan testimony dari client, target, dan bahkan host. Melalui testimony, penonton dapat melihat dan merasakan apa yang sedang dirasakan oleh client, target, dan host.

- Orang Ketiga The Series
Setiap Minggu pk 16.30 WIB
Pendekatan : Drama
Fungsi : Sosial
Kisah kehidupan selalu penuh warna. Setiap orang memiliki permasalahan yang kadangkala tidak dapat diatasi sendiri, sehingga mereka memerlukan bantuan dari pihak lain. Baik itu masalah percintaan, hubungan keluarga, pertemanan hingga masalah lainnya. Program orang ketiga ini adalah sebuah tayangan yang memiliki konsep untuk membantu pihak-pihak yang memiliki permasalahan dalam sebuah hubungan (relationship), namun benang merah dari program ini adalah kita melibatkan orang ketiga yang memiliki hubungan dengan pihak-pihak yang sedang mengalami masalah. Jadi posisi orang ketiga disini adalah sebagai pemberi/pencari informasi. Program juga lebih menekankan pengintaian dan pencarian

- Makin Gaya
Pendekatan : Hiburan
Fungsi : Sosial
Merupakan program reality show dimana seseorang yang biasa saja akan menjadi luar biasa dengan di – make over. Make over ini melibatkan hair stylist dan fashion stylist, dipandu oleh 1 host (Irfan Hakim), serta klien (orang yang merekomendasikan seseorang untuk di make over) dan 1 target make over. Dalam setiap episodenya,terdiri dari 2 target make over dan klien harus memiliki alasan yang kuat mengapa Target, ingin di make over (misalnya: hadiah ulang tahun perkawinan, mengajak balikan pacaran, ingin melamar, dll). Dramatikal program ini terjadi ketika sang Klien, mengutarakan maksud merekomendasikan target untuk di make over. Dan jawaban serta reaksi target ketika melihat dan mendengar tujuan klien merekomendasikan target. Pada program reality show Makin Gaya ini, Target yang akan di make over , “di culik” oleh host kemudian di make over di salon. Hal yang menarik target penonton program ini adalah drama reality show baru yang ringan, lucu, dan menghibur

- Tangan Di Atas
Setiap Kamis pk 06.00
Pendekatan : Drama
Fungsi : Sosial
Program Tangan Di Atas menampilkan lika-liku perjuangan orang kecil demi mewujudkan keinginan untuk memberikan sesuatu (materi) kepada anak mereka (atau anggota keluarga lainnya). Orang kecil yang dimaksud di sini adalah kaum miskin, orang-orang yang meskipun sudah bekerja keras tetapi untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari saja nyaris tidak mampu. Namun di tengah keterbatasan, mereka ingin memberikan sesuatu kepada orang yang mereka sayangi. Itu berarti, mereka harus bekerja ekstra untuk bisa membeli barang yang diinginkan. Walaupun sulit bahkan nyaris mustahil untuk memperolehnya, mereka pantang meminta-minta dan memilih bekerja lebih keras lagi. Suka duka dalam bekerja serabutan demi uang tambahan itulah yang merupakan menu utama Tangan di Atas.Perjuangan mereka diharapkan bisa menjadi sumber inspirasi bagi penonton. Ungkapan kasih sayang orang tua kepada anak bukan semata pemberian materi, melainkan doa, kerja keras dan sikap pantang menyerah yang menyertainya. Program ini menunjukkan bahwa dalam kemiskinan yang ekstrim sekalipun, masih banyak orang yang memilih bekerja lebih keras lagi ketimbang menadahkan tangan atau menunggu sumbangan. Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.

- Makna Kehidupan
Setiap Rabu pk 06.00 WIB
Pendekatan : Religi
Fungsi : Religi
Diantara kita begitu banyak pribadi-pribadi yang mengalami ‘kehausan spiritual’. Jabatan, kedudukan, pangkat, nama besar, dan serba kecukupan lainnya, kadangkala tidak selalu memuaskan dahaga jiwa. Mereka mencari jawaban atas banyak pertanyaan kehidupan, termasuk hubungan mereka dengan orang lain, posisi dan peran mereka di dunia, dan perasaan ingin punya arti dan makna.Program ini menggambarkan pergulatan batin mereka-mereka yang memiliki kehausan spiritual, dan mencari jawaban atas kehidupan. Pencarian jiwa itu diekspresikan secara fisik, dalam perjalanan ke tempat tertentu, lokasi tertentu atau komunitas tertentu, yang menjadi ajang suatu peristiwa/ problem sosial, dengan segala kompleksitasnya. Mereka bertemu, berbagi cerita, ikut terlibat, menghayati, berefleksi, dan memetik hikmah dari perjalanannya tersebut.

- Jika Aku Menjadi
Setiap Sabtu pk 17.30
Pendekatan : Drama
Fungsi : Sosial
Nara sumber JAM antara lain: buruh nelayan miskin (tidak punya perahu sendiri), nenek yang puluhan tahun jadi pemulung, pemain ludruk (kesenian khas Jawa Timur) yang tak pernah lagi dapat order, dan sebagainya.Program JAM pada hakekatnya adalah upaya melihat kehidupan rakyat kecil (dengan profesi gurem) dari mata rakyat juga. Meskipun, rakyat (diperankan oleh talent) yang melihat ini adalah mereka yang biasa hidup di kota, dan biasanya mungkin tidak terlalu aware dengan kehidupan rakyat kecil yang sebenarnya. Talent di sini adalah orang biasa (bukan artis). Mereka direkrut dari iklan pencarian talent yang belum lama saya sebar melalui berbagai milis. Mereka saya haruskan ikut menjalani kehidupan narasumbernya, yakni tidur di rumah mereka, makan bersama keluarga (sesederhana apapun makanannya), dan seterusnya. Jadi, mereka dipaksa untuk betul-betul menghayati kehidupan orang susah.

No comments:

Post a Comment