Wednesday, March 31, 2010

organizational communication : analisa film "employee of the month"

Sinopsis Film

Zack Bradley (Dane Cook) dan Vince Downey (Dax Shepard), persaingan dua karyawan Super Club yang masing-masing telah bekerja selama sepuluh tahun. Vince, dengan orang kepercayaannya Jorge (Efren Ramirez) menjabat kepala kasir dan mendapatkan 17 kali penghargaan "Employee of the month". Zack, dengan penampilan urakan dan cuek tapi populer di koleganya, namun membuatnya tetap menjadi bawahan. Sejak lama, mereka bersaing mendapatkan perhatian Amy (Jessica Simpson), kasir baru yang cantik dengan reputasi hanya berkencan dengan pemenang "Pegawai Bulan Ini". Dengan gaya flamboyannya dibelakang kasir, dengan segera membuat Amy dan banyak pelanggan terkesan padanya. Usaha Zack untuk menarik perhatian rekan kerja baru yang cantik tersebut adalah dengan melawan Vince. Harapan Zack untuk itu sangat jauh, maka satu-satunya kesempatan adalah memenangkan penghargaan "Employee of the month"

Communication Direction

Komunikasi sebagai suatu proses sosial yang sangat mendasar & vital dalam kehidupan manusia. Dikatakan mendasar karena setiap manusia baik primitf maupun modern, berkeinginan mempertahankan suatu persetujuan mengenai berbagai aturan sosial melalui komunikasi. Komunikasi organisasi terjadi dalam suatu jaringan yang lebih besar dari komunikasi kelompok. Melibatkan komuniaksi diadik, komunikasi antar-pribadi dan komunikasi publik. Komunikasi formal yang mengikuti struktur.

Komunikasi organisasi penting karena masalah komunikasi selalu timbul dalam proses organisasi. Oleh sebab itu, komunikasi dalam organisasi menjadi sistem aliran yang menghubungkan dan membangkitkan kinerja antar bagian dalam organisasi sehingga menghasilkan sinergi. Di film ini, Super Club juga melakukan komunikasi didalam organisasi yaitu yang dilakukan oleh atasannya kepada pegawainya dan begitu juga sebaliknya.

Fungsi Komunikasi dalam organisasi :
1. Fungsi Informatif
Seluruh anggota dalam organisasi mendapat informasi yang lebih banyak, lebih akurat , lebih baik dan tepat waktu. Seperti didalam film ini, sang atasan memberikan informasi kepada karyawannya mengenai kontes “Employee of the month”, dimana pemenangnya akan mendapatkan hadiah.

2. Fungsi Regulatif
Dua hal yang berpengaruh adalah:
- Atasan : orang yang memiliki kewenangan untuk meberikan instruksi.
- Pesan : semua anggota organisasi memerlukan kepastian peraturan tentang
pekerjaan (Do & Don’t)

Di film ini atasannya memberikan pesan kepada karyawannya tentang hal-hal yang berlaku dalam pekerjaan mereka seperti misalnya datang tepat waktu, membantu costumer, melayani transaksi dikasir dengan cepat dan sigap, dan sebagainya.

Menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan melakukan tugasnya dengan baik. Dua saluran komunikasi itu diantaranya :
- Formal: newsletter, buletin, annual report, dsb.
- Infromal: perbincangan santai, kompetisi antar staf, staff gathering, dsb.
Seperti yang terlihat didalam film ini, atasannya mengumpulkan karyawannya untuk memberikan informasi secara langsung dan mengadakan kompetisi antar staf, disini dapat terlihat komunikasi didalam organisasi itu sedang berlangsung.

3. Fungsi Persuasif
Dimana kegiatan persuasif akan lebih menghasilkan sesuatu yang maksimal, tanpa paksaan. Dengan performa kerja yang baik maka otomatis kinerja organisasi akan meningkat & terpelihara dengan baik.
Seperti didalam film ini, memotivasi dan membujuk karyawannya dengan mengadakan kontes “Employee of the month” akan menimbulkan performa kerja yang baik diantara para karyawan untuk mendapatkan gelar itu. Maka kinerja organisasi pun meningkat dan terpelihara dengan baik.

Komunikasi organisasi sebagai landasan kuat bagi karier dalam manajemen, pengembangan sumber daya manusia dan komunikasi perusahaan, dan tugas-tugas lain yang berorientasikan manusia dalam organisasi. Seseorang terlibat komunikasi membentuk sesuatu yang umum terjadi:

1. Penciptaan pesan
2. Penafsiran pesan : Menguraikan atau memahami sesuatu dengan cara tertentu. Dapat dipengaruhi oleh rangsangsan indra, bentuk bahasa, dan bentuk nonverbal.

Communicating & Organizing

Teori Organisasi merupakan studi tentang bagaimana banyak organisasi menjalankan fungsinya dan bagaimana mereka mempengaruhi & dipengaruhi oleh orang-orang yang bekerja di dalamnya ataupun masyarakat di lingkup kerja mereka. Teori organisasi membantu untuk melihat proses komunikasi yang terjadi dalam organisasi. Setiap teori akan mempunyai pandangan yang berbeda terhadap komunikasi organisasi. Teori yang digunakan di Super Club adalah Teori Manajemen Ilmiah (Scientific Management) yang memperhatikan pada :
- Pentingnya peranan manajemen dalam meningkatkan produktifitas.
- Pengangkatan & pemanfaatan tenaga kerja dengan persyaratan.
- Tanggung jawab kesejahteraan pegawai atau karyawan.
- Kondisi yang cukup untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Paradigma & Arti Dari Komunikasi Organisasi
Komunikasi organisasi terjadi dari “complex open system” yg dipengaruhi oleh lingkungan, baik internal (budaya/culture) & external. Komunikasi organisasi melibatkan pesan (dan prosesnya), kebutuhan, arah dan media.
- Pesan: apa yang ingin disampaikan oleh organisasi, serta penyebaran yang dilakukan oleh organisasi tersebut.
- Arah komunikasi: kepada siapa kita kan menyampaikan pesan, karena tujuan komunikasi akan mempengaruhi cara berkomunikasi
- Media: cara apa dan fasilitas apa yang digunakan pada saat pesan akan disampaikan

Komunikasi organisasi melibatkan manusia dan prilaku mereka, perasaan, hubungan dan keterampilan. Cara berkomunikasi terpengaruh oleh perilaku anggota organisasi dan sangat bergantung pada ketrerampilan komunikator yang menyampaikan pesan tersebut.

Komunikasi organisasi meliputi 7 elemen :
1. Proses/ process
Organisasi bersifat terbuka & dinamis yang menciptakan pertukaran pesan antar anggota dan anggota dengan lingkunganya.

2. Pesan/ message
Dalam organisasi komunikasi yang dimaksud dengan pesan adalah:
- Language modality: verbal & nonverbal
- Intended receiver: yang diterima didalam (memo, buletin dan meeting) atau diluar organisasi (iklan, aktifitas PR)

3. Jaringan/ network
Bagaimana penyebaran pesan dalam sebuah organisasi dapat menggunakan software (internet & intranet) & hardware (telfon, fax, kertas). Apa keperluan dari penyebaran pesan tersebut. Bagaimana jaringan komunikasi terjalin dan dapat diterima dengan baik, misalnya: penyebaran informasi pada karyawan. Beredarnya sebuah pesan dalam organisasi sangat tergantung dari anggotanya.

Network dalam komunikasi dapat terjadi pada beberapa orang maupun diseluruh organisasi. Tujuan dari penyebaran pesan dan prosesnya sangat mempengaruhi network komunikasi.

4. Ketergantungan/ Interdependence
Dalam komunikasi satu bagian dan bagian lain selalu berhubungan, dimana satu bagian dapat saling tergantung dengan bagian lainnya.

5. Hubungan/ relationship
Tiga bagian dalam organisasi :
- Individual
- Grup
- Organisasional
Hubungan yang baik antar tiga elemen diatas menjadi landasan lancarnya komunikasi dalam sebuah organisasi.

6. Lingkungan/ environment
Dalam lingkungan ada hal2 yang berperan:
- Simbol (cara berkomunikasi antar usia, gender dan kepercayaan yang berbeda2)
- Bahasa (penggunaan tata bahasa yang baik)
- Ideologi (prinsip kehidupan yang berlaku disekitar)

7. Ketidakpastian/ uncertainty
Perbedaan antara informasi yang dibutuhkan dengan informasi yang didapatkan. Dapat juga terjadi apabila organisasi menerima informasi terlalu banyak

Communication Transactions
Komunikasi terjadi pada dua orang atau lebih yang mempunyai kedudukan yang sama dan secara simultan yang bergantian menjalankan bagiannya dan mempunyai peran (role) yang berbeda. Seperti yang terjadi pada Zack dan Vince didalam film ini terjadi transaksi komunikasi.

Aliran Informasi Dalam Organisasi
Hubungan yang terjadi di dalam film ini adalah hubungan posisional (hubungan atasan-bawahan) karena hubungannya ditentukan struktur otoritas dan tugas fungsional anggota dan bersandar pada perbedaan otoritas, yang diterjemahkan menjadi perbedaan dalam status, hak dan pengawasan.

Di film ini, jenis aliran informasi yang dilakukan juga penyebaran pesan secara serentak (Simultaneous Message Dissemination) yaitu pesan yang diterima harus sampai di tempat yang berbeda pada saat yang sama.

Pola aliran komunikasi yang dilakukan Super Club dalam film ini adalah pola lingkaran (Circle Pattern) yang memungkinkan semua anggota berkomunikasi satu dengan yang lainnya hanya melalui sejenis sistem pengulangan pesan.

Arah informasi yang terjadi pun adalah komunikasi kebawah (Downward Communication) yaitu informasi mengalir dari jabatan otoritas tinggi ke jabatan yang berotoritas lebih rendah.

No comments:

Post a Comment