Saturday, March 27, 2010

professional studies : pidato (self esteem)

Selamat siang semuanya,
Disiang hari ini kita akan membahas mengenai cara mencapai kesuksesan dalam hidup. Ada 3 hal penting yang perlu kita perhatikan disini yaitu self esteem, positive attitude dan managing personal time management.

Self esteem adalah bagaimana kita memandang diri kita sendiri, apakah baik atau buruk. Kita dapat memulainya dengan menerima diri kita apa adanya, lalu menerima kenyataan bahwa kita semua adalah makhluk yang luar biasa dan istimewa, tidak banyak yang seperti kita. Tidak hanya fisik saja yang berbeda melainkan cara berpikir pun berbeda. Kadang kita sering menemukan pertanyaan seperti “Apakah saya pikir saya adalah seorang manusia yang baik? Apakah saya berhak mendapatkan kebahagiaan? Apa saya seseorang yang pantas mendapatkan rasa sayang?”. Orang2 yang memiliki self esteem yang rendah akan kesulitan untuk menjawab iya. Beberapa orang berpikir self esteem berarti kepercayaan diri, dan kepercayaan diri datang dengan sendirinya. Tetapi justru jika kita memiliki self esteem yang tinggi maka rasa percaya diri itu akan timbul dan jika kita percaya diri maka pandangan orang lain terhadap kita pun akan baik.

Pernahkah kamu berkata dalam diri kamu sendiri "Mengapa orang lain selalu populer dan menarik perhatian seperti magnet? Apakah pernah kamu berpikir bahwa mungkin itu hanya sikap positif dan cara mereka bertingkah laku dengan lingkungan sekitar mereka? Sikap positif sangatlah penting untuk menjadi sukses dan bahagia. Diawali dengan selalu berpikir positif otomatis maka kita akan melakukan tingkah laku yang positif juga. Misalnya orang dengan pikiran positif, dipenuhi dengan optimisme, kebaikkan, pantang menyerah,dsb. Hal ini tentu berpengaruh dalam hubunganya dengan orang lain, sehingga dapat membantu keharmonisan hubungan, baik dalam pekerjaan, pergaulan, keluarga, dsb. Orang lain pasti akan lebih nyaman dalam berinteraksi dengan orang yang selalu berpikir positif. Semua akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan bila kita melakukan apapun dengan sikap positif.

Orang sukses pasti mempunyai kehidupan yang teratur. Sangat tidak masuk akal, bagaimana orang dapat mengatur perusahaan, apabila ia tidak dapat mengatur paling tidak, dirinya sendiri. Manajemen waktu didefinisikan sebagai strategi atau metode yang digunakan untuk mengatur jadwal agar efektif, sehingga mendapatkan nilai yg maksimal dari setiap detik yg digunakan. Mengatur waktu itu sangatlah penting, karena setiap kali melakukan hal apapun dalam kehidupan kita, waktu tetap berjalan. Dengan demikian, banyak dari kita selalu mencoba cara terbaik untuk menggunakan waktu yg di berikan. Dengan mengatur segala aspek kehidupan kita terlebih dahulu, kita jadi mempunyai arah yang jelas dalam meraih mimpi-mimpi kita.

Sebagai contoh, kita dapat membuat resolusi mengenai apa yang ingin saya raih dalam tahun 2009. Kemudian dilanjutkan dengan daftar, apa yang akan saya raih bulan ini. Lalu, apa yang ingin saya lakukan selama hari ini. Hal apa yang harus lebih saya tingkatkan kedepannya. Hal-hal apa yang harus saya hindari dalam karier, dsb. Dengan pengaturan seperti ini, hidup kita akan jadi lebih terarah dan terfokus. Kita juga pasti akan lebih mudah mencapai harapan kita, karena berjalan sesuai dengan rencana. Apabila ketiga hal yang telah saya jelaskan tadi dapat dilaksanakan dengan baik, maka akan semakin mudah bagi kita dalam meraih kesuksesan didalam hidup.
Terima kasih.

No comments:

Post a Comment