Saturday, March 27, 2010

pyschology : kesimpulan dari wawancara

KESIMPULAN

Selama wawancara berlangsung terjadi proses komunikasi yang melibatkan sender (Bapak Insan) dan receiver (Shinta & Chintya). Sender mentransmisikan pesan atau proses encoding berupa pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dan diterima dalam proses decoding oleh receiver. Dalam pelaksanaannya mengalami gangguan atau noise yang mengganggu proses komunikasi seperti lingkungan yang berisik karena disaat jam break atau istirahat dimana para mahasiswa banyak melakukan aktivitas lainnya. Komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi langsung atau face to face, verbal, nonverbal serta terjadi juga proses listening dan conversation didalamnya. Bentuk komunikasi yang dilakukan ada verbal dan nonverbal. Dapat terlihat bahwa komunikasi non verbal berlangsung saat terjadi wawancara dimana interviewer menanyakan beberapa pertanyaan dan dijawab oleh subjek. Sedangkan komunikasi non verbal yang terjadi adalah beberapa kali pertanyaan yang kami ajukan dijawab dengan didahului gerakan-gerakan non verbal seperti gerakan tangan, lirikan mata, gelengan kepala dll. Subjek juga melakukan proses persepsi dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kami ajukan karena semua pertanyaan dijawab berdasarkan pemikirannya yang pasti didapat dari proses persepsi yang terjadi dalam dirinya. Kami juga mendengarkan dengan menggunakan teknik nondjugemental and critical listening yaitu teknik mendengarkan tanpa menilai dan mendengarkan secara kritis. Hambatan yang kami temui saat mendengarkan (listening) adalah sibuk dengan masalah eksternal, mendengar yang diharapkan, dan faktor suasana tempat yang berisik. Teknik yang kami gunakan agar dapat mendengarkan secara aktif adalah mengulangi pemikiran pembicara, menyatakan pengertian terhadap pemikiran pembaca, dan mengajukan pertanyaan. Dan mengenai wawancara yang kami lakukan, kami menerapkan teknik-teknik wawancara dengan beberapa persiapan sebelum wawancara sampai menulis laporan hasil wawancara.

HAL YANG KURANG RELEVAN

Hal yang kurang relevan yang terjadi selama wawancar adalah beberapa kali subjek menjawab hal yang tidak sesuai dengan pertanyaan atau keluar dari pertanyaan yang diajukan. Hal ini mungkin dikarenakan hambatan yang berasal dari faktor lingkungan yang bising atau berisik sehingga subjek kesulitan dalm mendengar yang baik apa pertanyaan yang diajukan. Subjek sering kali juga tidak fokus pada saat wawancara.

SARAN

Saran untuk team wawancara, kami berharap untuk wawancara selanjutnya akan tercipta kerjasama yang lebih baik lagi dan timbul rasa tanggung jawab yang lebih besar lagi dalam menyelesaikan laporan dan dengan begitu akan mempermudah dan mempercepat dalam penyelesaian tugas.

KESAN & UCAPAN TERIMA KASIH

Kami sangat senang melakukan wawancara ini karena kami mendapat banyak pengalaman baru dan sumber pengetahuan langsung dari orang yang ahli dibidangnya. Kami juga senang sekali karena bisa bertemu dengan orang baru yang memberikan kami masukan-masukan yang berarti. Dengan begitu network kami pun bertambah dengan mengenal seseorang yang sangat berbeda dengan kami. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu. Veronica yang telah membimbing dan mengajarkan kami imu-ilmu yang kami terapkan dalam pelaksanaan wawancara dan dalam pelaksanakan tugas ini sehingga tugas ini dapat terlaksana sesuai rencana. Kelompok kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Insan Kurniawan yang sudah bersedia meluangkan waktunya dri jadwalnya yang sibuk dan padat untuk berbagi pengalaman dengan kami. Akhir kata, kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya tugas ini yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Semoga Tuhan memberkati dan menyertai kita semua.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment