Wednesday, March 31, 2010

media relations : bab III planning

BAB III
PLANNING

PERENCANAAN STRATEGIS

Kidzona sebagai salah satu organisasi yang peduli terhadap tumbuh kembang anak bekerja sama dengan psikolog Yoentoro Mikael. S.Psi. Cindy Setiawan, Humas Global TV, Stanley Kartawinata, Organisasi Peduli Anak serta Astried Ayu Angela, Ahli Autism yang menjadi sponsor dalam kampanye kami yang kurang lebih akan dilaksanakan dalam periode waktu 6 bulan untuk mengajak masyarakat, media, serta pemerintah untuk bersama-sama berpartisipasi aktif dalam usaha memberikan informasi bagi orang tua anak dalam pendidikan terutama dalam pengawas dan pemantauan terhadap media, yang dalam hal ini adalah televisi.

Dalam tahap jangka pendek , sasaran utama keberhasilan dari kegiatan kampanye ini ditujukan kepada para orang tua di Indonesia khususnya di kota – kota besar , karena dari hasil riset penelitian disebutkan bahwa memang terdapat usaha untuk menggerakan para orangtua agar mengarahkan anak-anak mereka supaya menonton program atau acara yang dikhususkan untuk mereka saja, namun pada prakteknya, sedikit sekali orangtua yang memperhatikan ini dan rata-rata waktu orang tua bercakap-cakap secara sungguh-sungguh dengan anaknya hanya 38,5 menit per minggu.

Tema yang akan diangkat oleh Kidzona adalah ”Televisi Sahabat Kita”. Kidzona mengangkat tema ini , karena dewasa ini, media massa dengan program-programnya yang memperlihatkan kerusakan moral dan kekerasannya, sedang merobohkan dinding yang menjadi tembok pemisah antara masa kanak-kanak dengan masa dewasa. Fenomena seperti ini menunjukkan bahwa anak-anak zaman kini dibebaskan untuk melihat apa yang seharusnya hanya ditonton oleh orang dewasa dan hal ini dapat berdampak buruk bagi anak-anak itu. Di antara berbagai media massa, televisi memainkan peran yang terbesar dalam menyajikan informasi yang tidak layak dan terlalu dini bagi bagi anak-anak. Menurut para pakar masalah media dan psikologi, di balik keunggulan yang dimilikinya, televisi berpotensi besar dalam meninggalkan dampak negatif di tengah berbagai lapisan masyarakat, khususnya anak-anak. Pesan dari tema ini ditujukkan kepada target audience yakni masyarakat, khususnya para orang tua dengan kondisi ekonomi dari B sampai C , dan untuk usia dari 30 tahun–45 tahun. Dan untuk pemerintah agar berpartisipasi aktif dalam mengawasi isi siaran. Pengawasan terhadap siaran televisi diatur dalam standar pengawasan yang di sebut P3-SPS atau Pedoaman Program Penyiaran Standar Program S iaran, disana diatur apa yang boleh disiarkan dan apa yang tidak boleh disiarkan.

Dalam kegiatan kampanye ini , Kidzona juga akan bekerja sama dengan berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik untuk penanyangan iklan dari tema pesan dari kampanye dan mengadakan berbagai kegiatan interaktif seperti talk show yang menarik yang akan ditayangkan di beberapa program televisi dan radio , serta partisipasi aktif media dalam meliput event-event yang akan kami adakan selama masa kampanye.

Adapun media-media yang akan kami pilih adalah media-media yang mampu menjangkau target audience, yaitu media-media yang biasa di konsumsi dan yang menjadi favourite mereka.

Media-media yang kami pilih antara lain :

Media cetak :
- Kompas
- Mom and kiddie
- Media Indonesia
- Jakarta Post
- Jakarta Globe
- Republika
- Seputar Indonesia
- Koran Tempo
- Warta Kota
- Tabloid Nova
- Majalah Kartini
- Tabloid Bintang
- Majalah Femina
- Cosmopolitan
- Ayah Bunda

Media Elektronik :
- Cosmopolitan FM
- Prambors
- Gen FM
- Mustang
- Female
- Genie
- Trans TV
- Global TV
- Metro TV
- TV One
- Woman FM
-
Media Online :
- Detik.com
- Kompas.com

PERENCANAAN TAKTIS

Media Cetak

Untuk majalah dan tabloid, akan dibuat rubrik-rubrik khusus yang menarik yang membahas tentang tontonan anak , seperti pengetahuan umum mengenai memahami bagaimana cara menumbuh kembangkan anak, serta memahami pula teknik-teknik bagaimana berinteraksi dengan anak yang sesuai serta fleksibel dengan tuntutan jaman. Serta untuk koran harian, akan memuat iklan tentang event atau kegiatan yang kami adakan selama masa kampanye berjalan, serta juga akan menampilkan hasil liputan-liputan mengenai kegiatan atau event-event tersebut.
Media Elektronik.

Untuk media TV , Kidzona akan bekerja sama dengan Trans TV, Global TV, Metro TV dan TV One untuk membuat program talkshow yang akan membahas mengenai dampak menonton televisi bagi anak-anak, mengingat bahwa banyak penelitian menunjukkan televisi memang memiliki banyak pengaruh baik negatif maupun positif pada pola pikir anak. Dengan menghadirkan praktisi yang mengamati dunia pertelevisian dan psikolog untuk memberikan gambaran dan penyuluhan kepada orang tua bahwa ini merupakan masalah yang serius. Selain itu , kami juga akan menayangkan di beberapa media TV, iklan mengenai kampanye dan event-event yang akan kami adakan dan menyiarkan iklan kampanye dan acara talk show mengenai dampak menonton televisi bagi anak-anak di beberapa stasiun radio.

Event

Mengunjungi ke sekolah-sekolah untuk memberitahukan kepada anak-anak tentang tontonan yang baik bagi mereka dan dampak-dampak dari tontonan televisi yang tidak baik.

Blog

Dalam blog ini , kami ingin mensosialisasikan ke tahap yang lebih menyeluruh dengan memberikan pengetahuan yang mendalam dari narasumber yang ahli di bidang nya masing-masing serta adanya pengalaman dari para orang tua. Dan setiap hari , kami akan terus mengup-date informasi yang hangat seputar tontonan anak sehingga bisa menarik perhatian para pembaca dan para pembaca boleh memberikan komentar serta dapat menuliskan pengalaman atau keluhan di dalam blog tersebut, dan kemudian akan kami balas dengan jawaban yang berasal dari narasumber yang ahli di bidangnya.


No comments:

Post a Comment