Wednesday, March 31, 2010

media relations : hard news

KPI Tegur Pihak Stasiun Televisi

Jakarta, 12/12/09 (Kompas) – Pada periode Januari hingga Maret 2009, kepemirsaan anak-anak tampak tinggi dibandingkan tahun lalu. Kenaikannya tampak disepanjang hari dengan kenaikan tertinggi pada jam tayang utama. KPI menegur pihak stasiun televisi yang dinilai melanggar aturan karena tayangan-tayangan yang dinilai tidak sehat bagi keluarga.

Pihak stasiun televisi juga diminta para praktisi tontonan anak harus ikut bertanggung jawab terhadap masa depan pertumbuhan anak-anak Indonesia. KPI tidak hanya mencermati tayangan-tayangan bermasalah, tetapi juga memperhatikan tampilan perwajahan televisi secara umum yang kurang bersahabat kepada pemirsanya.

Diperkirakan sebanyak 21% pemirsa TV adalah anak-anak berusia 5-14 tahun. Jumlah yang tidak bisa dibilang sedikit dengan banyaknya tuntutan atas tayangan yang sesuai untuk anak. Kepemirsaan anak pun termasuk tinggi dibandingkan dengan target pemirsa yang lebih dewasa.
Menurut data dari AGB Nielsen Media Research, pilihan program mereka pun ternyata berbeda. Anak kelas menengah atas punya kecendrungan lebih selektif menonton program yang sesuai dengan usianya yang terlihat dari tontonannya yang lebih variatif. Sementara tontonan anak menengah bawah masih didominasi oleh sinetron.


No comments:

Post a Comment