Wednesday, March 31, 2010

professional presenter : script

RUN DOWN
Anchor I : Stefie Christella
Anchor II : Stephanie Juwita
Stand Upper I : Amadea
Stand Upper II : Cynthia Febrina
Interviewer : Cindy Setiawan
Narasumber : Nindya sebagai Anggun C. Sasmi

1. Opening Greeting (1 menit)
ANCHOR 1 & 2 : Selamat siang pemirsa, kembali lagi dalam Liputan 6 Siang bersama saya Stefie Christella dan Stephanie Juwita yang akan memberikan kabar terbaru dari nasional maupun internasional. Kita beralih ke berita pertama.

2. News I (40 detik)
ANCHOR I ; Kelompok mahasiswa yang menamakan dirinya sebagai Aliansi 30 Kampus mengultimatum Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono agar segera menyelesaikan skandal Century hingga tuntas. Jika dalam 100 hari pemerintahan SBY, kasus Century tidak selesai, SBY dan Boediono harus mundur. Hal ini disampaikan oleh juru bicara mahasiswa Anton Cornelo di kampus STMIK Jayakarta, Jl Salemba Raya, Jakarta, Minggu 10 Januari karena SBY dinilai telah gagal dalam memimpin Indonesia selama ini. Persoalan-persoalan dinilai tidak menghasilkan ada kemajuan, mulai dari persoalan sosial, keadilan hukum, pemberantasan korupsi, kriminalisasi KPK, hingga skandal Century.

3. News II (40 detik)
ANCHOR II : Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menindaklanjuti program tahunan "Capacity Building" yang merupakan kerja sama KPK dengan Pemerintah Republik Korea dalam upaya perbaikan birokrasi Indonesia. Hal tersebut disampaikan juru bicara KPK, Johan Budi di kantor KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta, Senin 11 Januari. Program yang sudah berjalan sejak dua tahun lalu ini akan menitikberatkan pada reformasi birokrasi di tahun 2010, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan manajemen SDM di lembaga KPK dalam memberantas korupsi dan membantu instansi lain untuk mencapai reformasi birokrasi. Salah satu kegiatannya adalah evaluasi pelaksanaan kerja instansi peserta program dan pemilihan empat instansi terbaik yang berhasil mengimplementasikan program reformasi birokrasi. Kerja sama Indonesia-Korea ini merupakan tindak lanjut penandatanganan Joint Declaration antara Presiden SBY dan Presiden Korea Roh Moo Hyun pada tahun 2006.

4. Lead (Pengantar) untuk Reportase I (15-20 detik)
ANCHOR I : Pemirsa, Indonesia kembali dilanda gempa. Minggu pagi tadi sekitar pukul 07.25 WIB gempa berkekuatan 5,4 SR mengguncang Tasikmalaya, Jawa barat. Untuk info selengkapnya kami sudah menghubungi rekan kami Amadea untuk laporan langsung.

5. Reportase Stand Up I Live (2 menit)
STAND UPPER I : Terima kasih Stefie. Ya pemirsa sekarang saya sudah berada di lokasi terjadinya gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat. Menurut informasi yang saya dapatkan, pusat gempa berada pada 85 km barat daya Tasikmalaya, 90 km barat daya Ciamis, 125 km barat daya Cilacap, 126 km tenggara Bandung, dan 238 tenggara Jakarta, dengan kedalaman gempa 14 km. Gempa dilaporkan tidak berpotensi tsunami. Gempa ini menyebabkan dua orang terluka akibat tertimpa reruntuhan rumah yang rusak akibat gempa. Korban sekarang dirawat di Puskesmas setempat. Dua korban luka yakni, Suherman (54) dan Galih (15), warga Kampung Baru RT 02/09, Desa Mandalakasih. Dan juga mengakibatkan satu orang tewas yaitu Upun Wihardis (65), warga Kampung Wates, Desa Sirnabakti, yang diduga tewas akibat serangan jantung. Pemirsa, getaran gempa juga dirasakan di Pangandaraan, Garut, Bandung, dan Ciamis. Salah seorang warga Kelurahan Nanggeleng, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, mengatakan dirinya merasakan adanya gempa yang cukup besar tersebut dan hanya dirasakan beberapa detik. Warga lainnya di Desa Cigunung, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, juga merasakan gempa yang cukup besar itu. Meskipun pusat gempa berada di Tasikmalaya, namun guncangannya cukup besar. Bahkan, ibu-ibu yang sedang melakukan pengajian di mushola berhamburan ke luar rumah karena khawatir guncangan gempa akan merusak bangunan rumah. Namun hingga kini belum ada laporan tentang kerusakan rumah akibat gempa itu. Amadea Liputan 6 SCTV Jawa Barat melaporkan.

6. Lead (Pengantar) untuk Reportase II (15-20 detik)
ANCHOR II : Minggu pagi hari sekitar pukul 05.32 WIB terjadi kebakaran di pertokoan Duta Merlin, Jakarta Pusat. Rekan Cynthia sudah siap dengan laporannya secara langsung untuk anda. Yak Cynthia silahkan laporan Anda.

7. Reportase Stand Up II Live (2 menit)
STAND UPPER II : Ya terima kasih rekan Stephanie di studio. Pemirsa tempat saya berdiri ini tepatnya berada di lokasi terjadinya kebakaran di pertokoan Duta Merlin, Jakarta Pusat. Tepat sekitar pukul 05.32 WIB pagi tadi terjadi kebakaran di areal pertokoan ini dan bisa anda lihat disekitar saya mobil pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan api tampak berjejer di sepanjang jalan Gadjah Mada. Sekitar 15 unit mobil pemadam kebakaran sudah dikerahkan untuk memadamkan api namun hingga kini api masih belum berhasil dipadamkan. Menurut informasi yang saya dapatkan dari petugas pemadam kebakaran, belum diketahui apakah ada korban dalam insiden ini, mengingat pertokoan itu masih dalam keadaan tertutup. Cynthia Liputan 6 SCTV Jakarta Pusat melaporkan.

8. Pengantar Talk Show (50 detik)
ANCHOR I & II (interaksi) : Anda masih bersama kami dalam liputan 6, masih ingatkah anda dengan Anggun C. Sasmi? Penyanyi asal Indonesia yang sudah Go International. Tahun ini Anggun berencana untuk memuaskan penggemarnya di tanah air. Dia akan tour di 5 kota besar yakni Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bandung dan Bali. Konser ini diharapkan bisa mengobati kerinduan publik domestik. Ya saudara, apa sebenarnya yang membuat Anggun berencaa melakukan tour lima kota dan mengapa Anggun akhirnya mengubah kewarganegaraannya menjadi warganegara Perancis. Benarkah iya tidak lagi cinta Indonesia. Rekan Cindy telah melakukan wawancara khusus dengan Anggun dan langsung saja kita saksikan.

9. Pertantaan Talk Show (3-5 menit)

- Mbak Anggun, anda boleh dibilang kebanggan Indonesia, satu-satunya penyanyi Indonesia yang berhasil menerobos pasar internasional. Berawal dengan karir di Eropa lalu benua Amerika dan sekarang sudah merambah pasar Asia termasuk Indonesia juga dengan tour yang terakhir ini lima kota. Ini apa yang sedang mbak Anggun rencanakan untuk ke depannya?

- Dan milih Indonesia yah karena milih nostalgianya atau memang memilih negara-negara Asia yang lain juga?

- Indonesia mengingat anda dengan lagu tua-tua keladi. Transformasi yang sangat jauh terasa sekali Anggun yang sekarang dengan Anggun yang dulu. Bisa dijelaskan?

- Lalu apa benar, Anda mengganti kewarganegaraan?

10. Closing (40 detik)
ANCHOR I & II : Baiklah pemirsa, wawancara dengan Anggun tadi sekaligus menutup perjumpaan kita siang hari ini. Sekian Liputan 6 kali ini, kembali lagi bersama kami besok siang. Saya Stefie Christella dan saya Stephanie Juwita mohon undur diri dari hadapan Anda. Selamat siang dan sampai jumpa.


No comments:

Post a Comment