Wednesday, March 31, 2010

media relations : bab IV evaluasi

BAB IV
EVALUASI

Tolak ukur dari keberhasilan program kampanye ini adalah tayangan-tayangan televisi bisa menayangkan tontonan yang berisikan materi pendidikan/pembelajaran dan hiburan yang bila ditonton akan sangat bermanfaat bagi putra-putri kita dalam meningkatkan kualitas hasil pendidikan/pembelajarannya untuk menanamkan pendidikan budi pekerti. Menyadari potensi televisi sebagai media yang dapat menyampaikan pesan-pesan pendidikan secara efektif dan mampu mempengaruhi perilaku seseorang, serta menunjang usaha pemerintah dalam menanamkan nilai-nilai budi pekerti.

Dari kampanye ini juga diharapkan agar masyarakat khususnya para orang tua dapat mengajarkan/menanamkan nilai-nilai, etika, dan moral. Konkretnya, ajarkan bagaimana bersikap baik dan menghadapi masalah tanpa harus membabi buta dengan emosi meledak-ledak. Tekankan bahwa dalam kondisi apa pun, adat bersopan santun tetap harus dijunjung tinggi. Ajarkan pula bagaimana cara mengontrol emosi. Dengan bekal yang kokoh tadi diharapkan saat anak menyaksikan tayangan yang menyuguhkan konflik, dia tak terpengaruh. Artinya, dia bisa mengontrol emosi, hingga tetap bisa bersikap manis dan menyampaikan argumentasinya dengan cara yang santun.

Bagi pemerintah , kami mengharapkan agar dapat turut berpartisipasi dengan turut mengkritisi program TV dengan menanggapi keluhan dan saran kepada KPI/D dan stasiun TV terkait dan membuat penelitian tentang jumlah konkrit pemirsa anak-anak dan apa saja yang mereka tonton, serta bagaimana efek tontonan itu terhadap anak (penelitian tentang hal ini sampai sekarang belum ada) . Hal ini penting untuk pemerintah dan pihak berwenang lainnya untuk menentukan kebijakan.

No comments:

Post a Comment