Monday, March 29, 2010

penelitian kualitatif : bab 4 analisis

BAB IV
ANALYSIS

Pandangan Mengenai Komunikasi Komunikasi seperti menurut Hovland, Janis & Kelley adalah suatu proses melalui mana seseorang (komunikator) menyampaikan stimulus (biasanya dalam bentuk kata-kata) dengan tujuan mengubah atau membentuk perilaku orang-orang lainnya. Oleh karena itu setiap orang pada dasarnya akan selalu berkomunikasi. Denis McQuail, membagi komunikasi secara umum kedalam 6 tingkatan sebagai berikut :

1. Komunikasi intra-pribadi (intrapersonal communication Yakni proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, berupa pengolahan informasi melalui pancaindra dan sistem syaraf. Contoh : berpikir, merenung, menggambar, menulis sesuatu, dll.

2. Komunikasi antar-pribadi Yakni kegiatan komunikasi yang dilakukan secara langsung antara seseorang dengan orang lainnya.Misalnya percakapan tatap muka, korespondensi, percakapan melalui telepon, dsbnya.

3. Komunikasi dalam kelompok Yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung di antara suatu kelompok. Pada tingkatan ini, setiap individu yang terlibat masing-masing berkomunikasi sesuai dengan peran dan kedudukannya dalam kelompok. Pesan atau informasi yang disampaikan juga menyangkut kepentingan seluruh anggota kelompok, bukan bersifat pribadi.Misalnya, ngobrol-ngobrol antara ayah, ibu, dan anak dalam keluarga, diskusi guru dan murid di kelas tentang topik bahasan, dsbnya.

4. Komunikasi antar-kelompok/asosiasi Yakni kegiatan komunikasi yang berlangsung antara suatu kelompok dengan kelompok lainnya. Jumlah pelaku yang terlibat boleh jadi hanya dua atau beberapa orang, tetapi masing-masing membawa peran dan kedudukannya sebagai wakil dari kelompok/asosiasinya masing-masing.

5. Komunikasi Organisasi Komunikasi organisasi mencakup kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi dan komunikasi antar organisasi.Bedanya dengan komunikasi kelompok adalah bahwa sifat organisasi organisasi lebih formal dan lebih mengutamakan prinsip-prinsip efisiensi dalam melakukan kegiatan komunikasinya.

6. Komunikasi dengan masyarakat secara luas Pada tingkatan ini kegiatan komunikasi ditujukan kepada masyarakat luas. Bentuk kegiatan komunikasinya dapat dilakukan melalui dua cara :Komunikasi massa Yaitu komunikasi melalui media massa seperti radio, surat kabar, TV, dsbnya. Langsung atau tanpa melalui media massa Misalnya ceramah, atau pidato di lapangan terbuka.

Tingginya tingkat intensitas manusia untuk berkomunikasi membuat kami berani menarik sebuah analisis bahwa komunikasi merupakan salah satu kebutuhan primer yang dimiliki manusia selain sandang, pangan dan papan, karena setiap orang pada hakikatnya merupakan makhluk sosial yang memerlukan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya. sehingga komunikasi merupakan salah satu aspek yang penting, karena melalui komunikasi inilah, seseorang mampu mengadakan relasi dengan orang lain di sekitarnya. Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dengan sesama ini, seseorang dapat memenuhinya dengan melakukan komunikasi, baik secara langsung, yaitu melalui pertemuan tatap muka, ataupun melalui media baik itu media yang hanya berfungsi sebagai penghubung seperti media telepon, surat, sms, ataupun media yang memiliki fungsi lebih luas seperti radio, televisi, dan internet. Pandangan

Mengenai Media

(Suranto, 2005) Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi.

Jenis Media Komunikasi
Berdasarkan fungsinya :
a. Fungsi Produksi, ialah media komunikasi yang berguna untuk menghasilkan informasi, contohnya adalah computer pengolah kata word processor

b. Fungsi Reproduksi, ialah media komunikasi yang kegunaannya untuk memproduksi ulang dan menggandakan informasi, misalnya audio tapes recorder dan videotapes

c. Fungsi penyampaian informasi, ialah media komunikasi dipergunakan untuk menyearluaskan dan menyampaikan pesan kepada komunikan yang menjadi sasaran. Contoh : telepon, bulletin, facsimile dsb

Berdasarkan bentuknya :
a. Media Cetak, ialah segala barang cetak yang dapat dipergunakan sebagai sarana penyampaian pesan, contohnya seperti surat kabar, leaflet, brosur, bulletin dan sebagainya.

b. Media Visual atau Media Pandang, artinya untuk menerima pesan yang disampaikan digunakan indera penglihatan. Misalnya film, televise, lukisan, foto, pameran, dll.
c. Media Audio, untuk menerima pesan yang disampaikan dengan menggunakan indera pendengaran, seperti radio, telepon, tape recorder dan sebagainya.

d. Media Audio-Visual, ialah media komunikasi yang dapat dilihat sekaligus didengar. Jadi untuk dapat mengakses informasi yang disampaikan, digunakan indera penglihatan dan pendengaran sekaligus. Yang termasuk dalam jenis ini adalah tv dan film.

Berdasarkan jangkauan penyebaran informasi :
a. Media Komunikasi Eksternal Ialah media komunikasi yang dipergunakan untuk menjalin hubungan dan menyampaikan informasi dengan pihak-pihak yang berada di luar perkantoran. Media komunikasi eksternal yang sering digunakan antara lain:

1. Media cetak
Media komunikasi tercetak atau tertulis dimaksudkan untuk menjangkau public eksternal seperti pemegang saham, konsumen, pelanggan, mitra kerja, dan sebagainya. Contohnya adalah majalah perusahaan, bulletin, brosur dan leaflet. Media eksternal cetak ini berfungsi sebagai :
- Media Penghubung; - Sarana menyampaikan keterangan-keterangan kepada kalayak - Media Pendidikan - Sarana membentuk opini publik - Sarana membangun citra

2. Radio
Merupakan media audio yang mampu mengirimkan pesan berupa informasi lisan (suara) kepada khalayak. Beberapa perkatoran memilih memanfaatkan radio untuk menyampaikan informasi secara luas kepada khalayak sasaran. Penggunaan media radio oleh suatu perusahaan dapat dilakukan dengan mendirikan pemancar, mengisi acara pada stasiun radio.

3. TV
Kepentingan perusahaan untuk menyampaikan pesan kepada public melalui televisi dapat ditempuh dengan memasang iklan, mengundang wartawan atau reporter televise agar memuat berita tentang kegiatan perusahaan atau dapat pula mengajukan permohonan untuk mengisi acara.

4. Telepon
Sebagai media komunikasi, telepon sangat penting untuk menyampaikan dan menerima informasi lisan secara cepat dengan pihak public eksternal.

5. Surat
Merupakan media penyampaian informasi secara tertulis, dapat berupa surat konvensional mauopun surat elektronik. Surat menyurat merupakan salah satu kegiatan penting diperusahaan. Banyak informasi yang keluar masuk perusahaan melalui media surat, karena surat merupakan media komunikasi yang efektif apabila yang terkait tidak dapat berhubungan secara langsung atau lisan

6. Internet
Merupakan media komunikasi berbasis computer teknlogi informasi. Internet banyak dipilih oleh perusahaan guna menjalin kemampulan dalam menjangkau khalayak. Keunggulan media komunikasi internet adalah :
- Mudah, cepat dan murah dengan jangkauan dunia
- Tidak ada birokrasi baik secara teknis maupun non teknis
- Tersebar di berbagai pelosok kota

b. Media Komunikasi Internal Ialah semua sarana penyampaian dan penerimaan informasi di kalangan public internal perusahaan, dan biasanya bersifat non komersial. Penerima maupun pengirim informasi adalah orang dalam atau orang dalam tau public internal, terdiri atas pimpinan, angota, pegawai, maupun unit-unit kerja yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Jenis media yang dipergunakan secara internal ini antara lain :
1. Telepon
2. Surat
3. Papan Pengumuman
4. House Journal
Bentuknya dapat berupa majalah bulanan, profil perusahaan, prospectus, bulletin dan tabloid
5. Printed material
Media komunikasi dan publikasi berupa barang-barang cetakan seperti booklet, pamlet, kop surat, logo, kartu nama dan memo
6. Media pertemuan dan pembicaraan

Sebagian besar manusia, memerlukan media untuk berkomunikasi, apapun bentuknya, terutama di era sekarang ini, dimana media berkembang secara luar biasa sehingga ada banyak jenis media yang dapat dimanfaatkan dan digunakan, media ini sendiri menjadi efektif untuk menyampaikan pesan bukan hanya dari seberapa banyaknya pesan yang disampaikan, melainkan efektif tidaknya pesan disampaikan oleh pengirim pesan kepada penerima pesan. Salah satu contohnya adalah layanan short message service (SMS) mungkin saja lebih efektif daripada telepon, misalnya pada tempat dimana layanan penyedia jaringan telekomunikasi tidak cukup baik, jika melalui telepon, informasi mungkin saja terputus - putus dan tidak jelas, tapi jika melalui SMS pesan dapat disampaikan secara utuh. Media merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan manusia untuk menyampaikan pesannya, namun, sebagai sarana, media pastinya memiliki kelebihan dan kelemahan, terkadang dengan adanya media, jarak bukan menjadi suatu penghalang bagi komunikasi, namun media ini juga membuat kedekatan secara individu antar tiap orang terganggu, salah seorang narasumber yang telah memiliki relasi mengaku bahwa mereka lebih sering berkomunikasi melalui media, baik itu telepon, internet dan media lain, dan hanya sebagian kecil dari waktunya yang dihabiskan untuk bertemu langsung. Pandangan Mengenai Internet Secara sederhana, Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.

Ketika kita logon (dalam hal ini terhubung) dengan internet, kita diberikan hak akses ke komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung juga dengan internet. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, saat ini internet dapat dihubungi dengan koneksi wireless dari handheld PC atau dari sebuah komputer notebook.

Setelah terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya : mengirim dan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.

Secara sederhana, cara kerja Internet sama seperti sistem pos atau sistem pengantar parcel, kecuali Internet bekerja dengan sangat cepat. Misalnya, bila sekarang ini kita di Surabaya dan akan berkirim email ke Amerika, setelah kita tekan tombol Kirim (Send) selanjutnya email kita tadi akan menuju ke mail server. (Mail server ini biasanya bukanlah komputer yang sedang kita pakai saat ini, tetapi bagian dari layanan yang ada di Internet, sehingga kita bisa saja keluar dari Internet setelah menekan tombol Kirim tanpa mengganggu proses pengiriman email tersebut). Kemudian, mail server kita tersebut akan mencoba mengontak mail server di Amerika melewati rute Jakarta - Singapura - Jepang - Amerika atau bila rute tersebut sibuk dapat menngunakan rute Australia - Amerika.

Paket data dalam Internet memiliki ukuran tertentu sehingga bila email kita tadi cukup besar bisa saja dibagi dalam beberapa paket dan masing-masing paket dapat dikirim dengan rute yang berbeda. Setelah sampai di Amerika, mail server di sana akan membangun kembali email kita tersebut menjadi satu bagian utuh yang siap disajikan. Bila satelit yang digunakan dalam rute-rute tersebut sibuk maka mail server kita akan mencoba untuk mengirim kembali setelah beberapa saat sampai benar-benar terkirim. Bila sampai maksimum sampai 4 hari lebih (tergantung setting mail server kita) email itu belum bisa terkirim maka akan dikirimkan email pemberitahuan bahwa email kita tidak sampai.

Rute yang harus dilewati paket data di Internet sangat panjang dan melibatkan banyak sekali komputer di seluruh dunia, sehingga bila data yang kita kirimkan adalah data yang pribadi dan/atau penting, sebaiknya menggunakansecure server, yaitu server yang dilengkapi dengan fasilitas enkripsi data sebelum mengirim data ke komputer lain dan fasilitas dekripsi bila menerima paket data dari komputer lain.

Pandangan Mengenai Facebook

Facebook situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Setelah itu keanggotaannya ditambah ke universitas-universitas lain di Amerika, hingga akhirnya facebook merupakan situs jejaringan yang sangat fenomenal ini, merupakan situs jejaring sosial yang paling sukses di dunia, melampaui Friendster yang merupakan situs serupa. Maka tak heran jika situs ini menjadi favorit sebagai media pertemanan atau silahturahmi tanpa batas ruang dan waktu.

Didalam sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji berbagai hubungan sosial yang terjadi di masyarakat. Diharapkan kehadiran facebook ini dapat meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Setiap anggota masyarakat akan sangat tergantung sekali dengan individu lainnya. Karena pada dasarnya manusia memiliki kelemahan / kekurangan dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam proses hubungan tadi dapat diakukan baik secara langsung maupun tidak secara langsung. Bila secara langsung maka anggota masyarakat yang berinteraksi tersebut dapat bertatap muka secara langsung maupun menggunakan suatu media. Dengan adanya facebook ini anggota masyarakat dapat menjalin interaksi lebih luas, lebih mendalam dan tidak hanya terbatas pada lingkungan fisik semata.

Ikatan-ikatan emosional disuatu tempat akan semakin menipis dan mungkin dapat pudar dan berganti dengan ikatan emosional lebih luas bahkan dengan batas negara, batas wilayah tidak lagi menjadi penghambat dalam proses interaksi tersebut. Masyarakat akan terbawa dalam suatu budaya global, tidak lagi berada dalam budaya lokal. Oleh karena itu untuk mengantisipasi pengaruh negatif dari facebook ini perlu adanya kajian yang lebih mendalam. Yang terpenting kita siapkan mentalitas bangsa yang kokoh sehingga dampak negatif dari facebook tidak masuk dalam kehidupan bangsa Indonesia. Perlu diakui bahwa kelahiran facebook ini merupakan suatu hal yang luar biasa. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Kita dapat bertukar pikiran dengan warga negara lain. Kita dapat menjalin tali silaturahmi antar bangsa, kita dapat dengan cepat memperoleh informasi yang sedang terjadi di belahan bumi yang lain.

Dalam teori perubahan sosial bahwa ada suatu faktor yang dapat menghambat perubahan yaitu adanya kecurigaan terhadap masuknya pengaruh/budaya baru yang dapat mengancam stabilitas masyarakat. Adanya ketertutupan warga masyarakat terhadap hal-hal baru akan mengahambat proses perubahan yang sedang berlangsung. Suatu dampak adanya masuknya pengaruh dari luar memang memiliki dua aspek baik secara positif maupun negative. Perkembangan IT dengan Facebook ini merupakan gejala menyatukan semua unsur budaya setempat menjadi budaya global. Pada masyarakat kita perlu untuk diajarkan bagaimana mensikapi terhadap masuknya pengaruh yang datang dari luar. Perlu untuk keterlibatan dari semua pihak untuk memahamkan secara arif dan bijaksana setiap unsur perubahan yang sedang berlangsung. Sangat tidak bijaksana tiba-tiba ( dengan tidak melalui pengkajian yang mendalam ) kita memvonis bahwa facebook adalah haram. Kita harus mampu memilah-milah unsur budaya yang sedang berjalan tersebut, diantaranya facebook. Yang menjadi problem terbesar adalah ketidaksiapkan “mental” masyarakat dalam memanfaatkan facebook tersebut sebagai suatu media atau sarana dalam memudahkan/memenuhi kebutuhan hidupnya. Sikap mental yang sehat perlu ditumbuhkan. Pikiran waspada memang perlu untuk mengantisipasi pengaruh negative yang muncul. Tetapi tidak dengan mengatakan facebook itu haram. Negara lain akan semakin maju dalam perkembangan IT, sementara negara kita akan semakin tertinggal. Dalam era globalisasi ini negara yang menguasai IT yang akan menguasai dunia. Contoh kongkrit , sudahkah bangsa Indonesia memiliki merk handphone dengan hak paten nama Indonesia? Kita hanya akan menjadi negara konsumen produk dari kemajuan IT yang dimiliki oleh negara lain. Suatu saat nanti facebook dapat berkembang lagi kearah yang lebih dahsyat lagi. Kita di era tahun 1980 tidak mengira bahwa masyarakat akan seperti saat ini , tanpa batas negara, tanpa batas wilayah, tanpa batas bahasa dan tanpa batas yang lain. Sesuatu yang terjadi di negara lain dapat dengan sekejap kita ketahui.

Masuknya pengaruh dari luar (IT atau facebook) bisa saja menyebabkan disintegrasi sosial. Misalnya, nilai kebebasan sebebas-bebasnya yang dimiliki dunia barat masuk ke negara kita. kemudian mempengaruhi masyarakat kita sehingga berperilaku sebebas-bebasnya (misalnya :free sex ). Dengan maraknya pergaulan bebas maka system norma menjadi tidak berfungsi dengan optimal. Kemudian masyarakat akan memiliki sikap, pandangan, konsep bahwa hidup ini adalah bebas sebebasnya tanpa aturan lagi. Namun negara kita akan memiliki kepribadian lain bahwa prinsip kebebasan yang bertanggungjawab yang didasarkan pada dasar negara. Asumsi ini memang belum melalui pengkajian secara mendalam. Namun secara logika hal tersebut mungkin sekali dapat terjadi. Sekarang kita tinggal membekali, mempersiapkan warga masyarakat sebagai pengguna kemajuan teknologi/ melalui facebook ini agar dapat secara arif dan bijaksana dalam memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Facebook sendiri mulai meledak kurang lebih sejak tahun 2007, dimana saat itu, facebook perlahan - lahan menyingkirkan friendster yang sebelumnya meyenjadi tren di kalangan anak muda. Hebatnya, facebook sekarang bukan hanya menjadi "mainan" anak muda saja, melainkan sudah menjadi jejaring sosial yang digunakan oleh orang tua, misalnya bapak - bapak dan ibu - ibu yang juga menjadi pengguna facebook. hal ini juga didorong oleh adanya fasilitas friend finder yang memampukan pengguna facebook untuk mencari teman - teman mereka yang juga tergabung di dalam komunitas facebook. Fasilitas ini memanfaatkan kesamaan dalam info pribadi pengguna, seperti almamater sekolah, banyaknya kesamaan teman dengan profil lain atau juga teman yang terdaftar menjadi relasi di e-mail seseorang. Dengan fasilitas seperti ini, memungkinkan seorang yang tidak memiliki kontak selama berpuluh - puluh tahun dapat kembali bertemu dan melakukan kontak dengan menggunakan fasilitas ini di facebook. Bukan hanya itu yang menyebabkan facebook menjadi menarik, menurut salah satu narasumber, facebook lebih banyak memiliki aplikasi dan lebih interaktif daripada jejaring sosial lain. Penulis sendiri merasakan bahwa di facebook, terdapat banyak aplikasi interaktif baik yang merupakan permainan, grup aktifitas, bahkan sampai ramalan yang membuat facebook jadi suatu komunitas yang sangat aktif dan diminati, bila terus diikuti, tidak akan ada habisnya, begitu istilah kasarnya. Karena penulis sendiri merasakan bagaimana dengan banyaknya aplikasi yang disediakan, jika beberapa hari ditinggal, akan ada sangat banyak aktifitas yang terlewat, hal itu bisa terlihat dari menumpuknya notification yang ada di facebook itu sendiri, sehingga bila terus menerus diikuti, tidak akan ada habisnya dan membuat orang tidak bisa lepas dari facebook, bagi sebagian orang, hal itu bisa disebut sebagai ketergantungan, tapi penulis sendiri lebih suka menyebutnya sebagai pembunuh waktu yang efektif. Eddy Yansen dalam salah satu tulisan blognya di http://www.citywebindo.com/wordpress/?p=477#comments mengatakan bahwa kunci rahasia kesuksesan facebook tersebut adalah “menyerahkan pengembangan web kepada para pengguna”. Seperti yang kita tahu sebelumnya konsep 2.0 adalah melibatkan pengunjung web untuk turut berbagi informasi, dan social networking yang terdahulu ataupun yang baru akan anda buat, kebanyakan telah memenuhi kriteria tersebut.

Namun facebook melampaui konsep berbagi informasi menjadi berbagai alat untuk membuat informasi, sehingga peran developer diberikan secara bebas kepada seluruh pengguna facebook. Hal itulah yang membuat facebook berkembang begitu cepat dilengkapi ribuan aplikasi. Mengapa itu bisa membuat facebook sukses ? 1. Facebook mendapatkan tim pengembang dan inovasi websitenya secara cuma - cuma, dan tim facebook dapat fokus pada perbaikan fitur utama para pengguna, dan melupakan pengembangan aplikasi tambahan yang menjadi hiburan bagi pengguna.

2. Facebook dapat menghemat biaya dan waktu pengembangan websitenya.

3. Facebook menawarkan kesempatan bagi developer lain untuk mencari uang di websitenya, hal itulah yang membuat begitu banyak developer ( terutama developer game ) yang terjun ke facebook application. Dan perlu diingat setiap game yang di develop selain membawa keuntungan bagi sang developer game, juga membuat addicted pengguna facebook untuk kembali dan kembali untuk bermain game tersebut.

4. Pengembangan variasi game semakin beragam ketika dikombinasikan dengan fitur social networking, bahkan game sederhana bisa terasa seperti multiplayer online game yang menarik. Pandangan mengenai layanan Update status Di facebook terdapat berbagai macam aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk sarana mengungkapkan pendapat atau mengekspresikan diri, dari yang paling sederhana, seperti bertukar pesan melalui chat, bertukar pesan melalui layanan private message, melakukan update status, pengadaan notes sampai penyediaan link yang dapat membuka secara langsung tautan yang disambungkan dengan sekali klik saja. Diantara berbagai banyak fasilitas yang disediakan oleh facebook tersebut, layanan update status tampaknya masih merupakan suatu yang masih sangat digemari dan menjadi sarana yang paling efektif untuk digunakan, karena layanan ini merupakan layanan yang praktis dan paling mudah untuk diakses oleh pengguna facebook. Status yang ditulis oleh seseorang, bisa dilihat oleh teman di friend listnya dengan mudah. Status, tidak seperti link atau beberapa fasilitas lainnya, dapat dibuka dengan layanan mobile web yaitu layanan yang membuat seseorang bisa membuka facebook dari telepon selular. Sedangkan bila kita menaruh sebuah link, link itu hanya dapat diakses menggunakan komputer, karena bila sedang menggunakan facebook melalui telepon selular, akan sangat sulit, karena perbedaan kecepatan internet yang disediakan oleh penyedia layanan jaringan telepon selular. Status, biasanya berisi tulisan - tulisan para pengguna facebook tentang apa yang mereka rasakan pada saat itu. Dengan tampilan berupa tulisan What's on Your Mind, layanan update status sepertinya memang dirancang oleh pembuat facebook, Mark Zuckerberg untuk memancing pengguna untuk menumpahkan unek - uneknya terhadap suatu kejadian yang dialaminya dan apa yang dipikirkan, namun pada prakteknya, ada banyak hal yang dapat dilakukan seorang facebooker dengan fasilitas ini, sangking banyaknya hal yang dapat ditulis, terkadang ada banyak hal yang menjadi menganggu bagi teman lainnya di facebook. Seorang yang mengamati kegiatan facebooker dalam statusnya, kemudian melontarkan jokes yang menyindir para pengguna facebook.

Tipe-tipe facebooker berdasarkan status
(http://www.rileks.com/community/artikelmu/blogger/26579-tipe-manusia-berdasarkan-status-facebook.html)

1. Tipe Super Update
Kapanpun dan dimanapun update status. Biasanya status tidak terlalu panjang dan kebanyakan hal yang tidak terlalu penting juga dipublikasikan di statusnya.
Contoh status:
"Lagi tidur.."
"Lagi makan di restoran A.."
"Dalam perjalanan menuju neraka.."
"Saatnya baca koran lampu merah.."

2. Tipe Melankolis
Tipe facebooker seperti ini biasanya dia sering mencurahkan isi hatinya di status facebook. Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman-teman yang ada di friend list nya atau hanya sekedar menuangkan perasaannya ke facebook. Tapi biasanya tipe facebooker ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yang terbaik kepada yang laen.

Contoh status:
"Kamu sakitin aku lebih baik aku cari yang lain.."
"Cuma kamu yang terbaik buat aku, terima kasih km sudah sayang ama aku selama ini.."

3. Tipe Tukang Ngeluh
Apapun dia keluhkan didalam statusnya. Enggak pagi, enggak siang, enggak malem, enggak dikasih ujan, enggak dikasih panas, enggak dikasih uang, enggak dikasih makan, pokoknya semuanya dia keluhkan.
Contoh status:
"Jakarta maceeet..!! Panas pula.."
"Aaaargh ujan, padahal baru nyuci sepedah...sialan. .!!"
"Males ngapa2in.. cape hati gara2 si do'i.."

4. Tipe Muke Lo Jauh
Mungkin beberapa dari mereka tidak berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalo statusnya itu terlalu sombong dan malah bikin teman-teman di friend list nya merasa kesal.
Contoh status:
"OTW ke Paris ..!!"
"Pesawat Jet-ku sayang, saatnya kamu mandi..aku mandiin ya sayang.."

5. Manusia Puitis
Dari judulnya udah jelas. Statusnya selalu diisi dengan kata mutiara, tapi tidak jelas apa maksudnya. Bikin kita terharu? Bikin kita sadar atas pesan tersembunyinya? Atau cuma sekedar memancing komentar? Sampai saat ini, tipe orang seperti ini masih dipertanyakan.
Contoh status :
"Kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu. Dan hanya bisa terbang bila saling berpelukan"
"Mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi"
"Jika kau hidup sampai seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu"

6. Manusia in English
Tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, sombong dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan mengatakannya dalam bahasa Inggwis Gicyu Low.
Contoh status:
"Tie and Chair.."
"I can tooth, you Pink sun.."
"Be Are The Kill Young Pen Think Gun Thank"

7. Tipe Gossiper
Updatenya seputar gosip artis, terkini, termutakhir, bombastis, fantastis.
Contoh statusnya:
"Manohara ternyata udah punya 2 anak"

8. Tipe Obsesi
Berharap tapi tidak kesampaian, ingin jadi artis tapi tidak bisa.
Contoh status :
"duwh... sesi pemotretan lagi! cape..."

9. Tipe Sok Teu
Bahasa kerennya ''sotoy'
Contoh status:
"Pemerintah selalu memanjakan rakyatnya..bla...bla... bla.."

10. Tipe Movie Freak
Update film yang abis ditonton dan kasih komentar seputar film itu.
Contoh status:
"UP..Recommended!”

11. Tipe Pedagang
Contoh status:
"Jual Truk AC/VR/PS/PW/ ex.. Wanita Dokter"

12. Tipe Penyuluh Masyarakat / Reminder
Contoh status:
"Jangan lupa dateng ke TPS, 5 jam utk 5 tahun bla..bla"

13. Tipe Kaskuser
Contoh status :
“nih dia yg lg trend, baru online lgsg 'PERTAMAXXXX GAN!'
5 menit lagi : “kalo berkenan cendolnya donk gannn”
1 jam lagi : “aduh sial gagal pertamax di trid sendiri'
beberapa jam lagi : “YES GW UDAH ISO2000”
“bagi2 cendol gratiss di kaskus ngerayain ISO”
“kalo online pagi pagi2 enaknya ngaskus gan!”
“tidur telat bangun pagi2 nyalain komputer ngaskus lagi'”

14. Tipe Alay (tidak jelas maunya apa)
Ada berbagai macam versi, dari tulisannya yang aneh, atau tulisannya biasa aja, hanya saja kosakatanya tidak lazim.
Contoh status :
Alay 1 : "DucH Gw4 5aYan9 b6t s4ma Lo..7aNgaN tin69aL!n akYu ya B3!bh..!!"

Alay 2 : "km mugh kog gag pernach ngabwarin Q lagee seech? kmuw maseeh saiangs sama Q gag seech sebenernywa? "

Alay 3 : "Ouh mY 9oD..!! kYknY4w C w k3ReNz 48ee5h d3ch..!!"
(Khusus buat tipe ini, ga usah di baca juga gpp...)

15. Tipe Hidden Message
Tipe ini biasanya tidak to the point, tapi tentunya punya niat biar orang yg dituju membacanya.
Contoh status:
"For you my M***, I can't live without you..you are my bla bla bla.."
"Heh, cewe bajingan..ngapain lo deket2in co gw?! kyk ga laku aja lo.."


16. Tipe Misterius
Tipe yang biasanya bikin banyak orang bertanya tanya atas apa maksud dari status orang tersebut. Biasanya dalam suatu kalimat membutuhkan Subjek+ Predikat + Objek + Keterangan. Tapi orang tipe ini mungkin hanya mengambil beberapa atau malah hanya satu saja. Dan pastinya mengundang kontroversi.
Contoh status:
"Sudahlah.."
"Telah berakhir.."
"Termenung…”

17. Tipe Pengamat
Biasanya statusnya memberi penilaian atas apa yang dilihat, bisa di televisi, di halte, di kuburan, dll.
Contoh status :
"kaya'nya monas bagusan agak miring ke kiri deh, biar kaya menara pisa"
"pembawa acara take me out indonesia koq keliatan agak kurusan ya pake tuxedo warna putih?"
"harusnya juara idol tuh si bla bla bla, bukan si ble ble ble, soalnya si ble ble ble memble.."

18. Tipe Kompor
Senang melihat orang susah, kerjaannya ngadu domba aja, mengajak yang agak anarki.
Contoh status :
"si A sama si B tuh jadian gak sih, koq kalo jalan gandengan
aja? si C gimana dong" (dan A, B, C friend list-nya tu org)
"gaji kita bulan ini koq berkurang Rp 500,-? ayo demo di dpn ruang CEO”

19. Tipe Katrok
Ini nih yang repot, biasanya statusnya tuh nanya hal yg semua orang sudah tau, entah berniat bertanya atau hanya sekedar iseng.
Contoh status :
"cara ngecash MP3 tuh gimana ya?"
"jam 8pm tuh pagi apa malem sih?"
"kunyit itu buah apa ya? belinya dimana?”

20. Tipe Joker
Pernah kan baca status orang tiba-tiba ngakak sejadi-jadinya, karena semua status yang dia tuliskan berbau komedi dan membuat semua orang tertawa.

21.Tipe Jorok
Biasanya statusnya terlalu vulgar.
Contoh status :
“b*ker dulu ah, mumpung lg lewat jamban"
“be*l gw koq warnanya gelap bgt ya, kaya pisang goreng tp gosong"
"duh, upil di bawah meja gw udah numpuk, ada sekop ga ya buat bersihin.."

Hal itu menggambarkan bagaimana ribuan pikiran orang yang berbeda - beda dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk diikuti, bagaimana orang dengan latar belakang yang berbeda akan menarik bagi orang lain. Ada banyak hal yang melatarbelakagi seseorang untuk mengupdate statusnya, Andri, seorang wirausahawan yang menjadi narasumber kami mengaku bahwa ia pada awalnya cuma iseng saja untuk mengupdate status, tapi lama - lama ia melihat bahwa update status dapat menjadi alat untuk menyampaikan pesan. Sedangkan narasumber lain Ranny seorang mahasiswa, menganggap menganggap update status dapat menjadi cara agar menjadi eksis. Intensitas seseorang mengupdate status pun berbeda - beda, dan hal ini juga terpengaruh dari motivasi seseorang mengupdate status, pada narasumber yang sama, Andri mengaku mengupdate status sehari sekali, sedangkan Ranny mengupdate status sesering mungkin setiap harinya. Selain itu fasilitas like dan komentar pada status juga merupakan suatu aspek yang menarik untuk diperhatikan, karena seseorang terkadang memerlukan pengakuan dari sekitarnya terhadap ekspresi diri yang dilakukan, menurut pandangan penulis, komentar, terutama dari pihak - pihak tertentu merupakan suatu tujuan dari update status, misalnya pada saat marah ada keinginan agar pihak yang menjadi alasan kemarahan bisa membaca dan kemudian sadar akan kesalahannya. Pada pengalaman Andri, komentar biasanya lebih sedikit dari orang yang memilih fitur like this pada status, namun biasanya isi komentar menyetujui isi status tersebut. Dia juga menyatakan bahwa dia senang bila ada orang yang memberi komentar, apalagi kalau ada yang memberi komen yang "gokil".


No comments:

Post a Comment