Wednesday, March 31, 2010

organizational communication : ECCO analysis (bagaimana memperbaiki masalah)

BAGAIMANA MEMPERBAIKI MASALAH

1. Karena kurangnya SDM mengakibatkan banyak pekerjaan yang terhambat untuk diselesaikan. Perusahaan sebaiknya menambah tenaga kerja agar pekerjaan jadi lebih efektif dan efisien dan bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat. Biaya yang dikeluarkan akan seimbang dengan pekerjaan yang terselesaikan dengan cepat dan penanganan terhadap hal-hal penting didalam perusahaan.

2. Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat manusia dapat berkomunikasi dengan manusia lainnya tanpa perlu bertemu atau bertatap muka. Hal ini yang sering menyebabkan seringkali terjadi miss-understanding atau miss-communication di dalam perusahaan. Email bisa efektif digunakan untuk mengirim data untuk kerabat / reka kerja jarak jauh, bisa untuk berkomunikasi. Tetapi sudah menjadi tidak efektif lagi jika menggantikan rapat / meeting didalam perusahaan. Email yang sudah lebih dari 3 kali di reply oleh seorang karyawan lebih baik diadakan meeting untuk pengambilan keputusan / langkah lebih lanjut dalam menangani suatu masalah karena dianggap sudah tidak efektif dan efisien lagi. Yang menghandle project harus berinisiatif untuk mengadakan rapat.

3. Masing-masing divisi mempunyai pekerjaan dan tugas masing-masing sehingga seringkali bertabrakan waktu dengan divisi lain dan hal ini sangat menghambat komunikasi. Masing-masing divisi harus meluangkan waktu untuk mengikuti rapat karena sudah tidak efisien lagi menggunakan email sebagai media komunikasi.

No comments:

Post a Comment