Thursday, March 25, 2010

interview to make investigative reporting

Narasumber :

1. Pelajar yang menggunakan narkoba

2. Pengedar narkoba

3. Orang tua murid

Pelajar yang menggunakan narkoba

1. Berapa lama anda mengkonsumsi narkoba?
“Kurang lebih 3 tahun dari pertengahan kelas 2 SMP”

2. Awalnya bagaimana bisa mencoba narkoba?
“Yah pengaruh pergaulan gue lah, awalnya coba-coba rokok duank terus lama-lama jadi minum eh ya uda lanjut ke inex (sejenis narkoba). Teman-teman gue khan banyak yang sering maen ke diskotek ato club ya uda disana ngapain lagi kalo gak begitu.”

3. Darimana anda mendapatkan barang tersebut?
“Awalnya gue dikasih gratis sama Aris (bukan nama sebenarnya), dia nyuruh gue coba. Katanya gue bisa nge-fly, ya udah gue coba terus keterusan deh sampe sekarang.

4. Aris itu siapa?
“Aris itu temen gue, dia pemakai sekaligus pengedar juga. Dia khan kalo jual-jualin dapat bagian juga. Gue kenal dia waktu di diskotek A (bukan nama sebenarnya, berada di sekitar daerah Glodok), dikenalin temen juga seh.”

5. Bagaimana anda mendapatkan barang tersebut?
“Yah tau dari temen-temen, katanya si ini jual barang terus dikenalin gitu-gitu ya udah sering dapet dari dia. Yah dari mulut ke mulut lah..”

6. Gak pernah ketangkep pas lagi make?
“Duh amit-amit de, pinter-pinter liat kondisi aja sih kalo keadaan nya gak mungkin untuk pake disitu yah jangan. Sampe sekarang sih belum pernah yah..”

7. Beli narkoba dengan harga berapa?
“Dulu waktu jaman gue pertama kali make masih cuma 80ribu sekarang seh inex uda 120ribuan gitu ”

Pengedar narkoba

1. Berapa lama anda menjadi pengedar?
“Sekitar 2 tahunan..”

2. Kepada siapa saja anda menjualnya?
“Rata-rata anak remaja sih sekitar SMP-SMA gitulah, tapi yang kuliahan juga banyak..”

3. Dimana saja anda mengedarkannya?
“Di diskotek, club ato ditempat nongkrong-nongrong gitu juga pernah sih..”

4. Bagaimana cara mengedarkannya?
“Biasa gue taruh aja tu dipojokan yang gelap terus kasih kode-kode gitu ke dia, tar dia bakal ngambil disono dan naruh uang ditempat yang gua taruh tadi. Ato kalo gak gua taruh aja didalam bungkus rokok. Macem-macem sih caranya tergantung sikon (baca : kondisi).”

5. Narkoba jenis apa yang anda jual?
“Kebanyakan inex sama shabu sih, tergantung permintaan aja tapi banyakan seh yang itu yang minat..”

6. Berapa harganya?
“Macem-macem sih tergantung jenisnya, kalo inex sekitar 120-150ribu, kalo shabu per G antara 400ribu-1,6juta, ganja 30-70ribu, putau 50-150ribu, kokain paling mahal 1-7juta tergantung maunya yang mana, yang mahal ato murah juga ada..”

7. Pernah ketangkep pas lagi ngedar?
“Pernah, waktu di diskotek C (daerah Hayam Wuruk)”

8. Terus ditahan berapa lama?
“Gue ditahan berapa bulan duank, yah ujung-ujung duitlah. Asal ada duit juga gampang diproses..”

9. Tanggapan tentang peredaran narkoba di kalangan pelajar?
“Menurut gue seh kalo orang uda kecanduan dari dia masih sekolah bakal terus jadi pemake sampai dia dewasa, lagian khan uda banyaklah yah yang gitu-gitu, uda biasa.. Kalo berenti terus liat temennya gitu lagi, tar kegoda untuk make lagi. Yah biasa sih anak yang uda make suka ngajak-ngajak temennya juga. Gue juga dulu gitu gara-gara temen gua make trus gue jadi ikutan sampe jual juga sekarang..” (sembari tertawa)

Orang Tua Murid

1. Pernah denger gak tentang peredaran narkoba di kalangan pelajar?
“Pernah, saya nonton di TV gitu sama liat di koran juga..”

2. Terus tanggapannya apa mengenai hal tersebut?
“Yah saya ngeri juga sih, khan kasian anak-anak yang baru gede masih polos-polos kok malah kena narkoba. Tar gimana mau sekolah yang bener kalo uda pake obat-obat gitu..”

3. Bagaimana cara Anda mengantisipasi hal tersebut?
“Saya khan kerja juga, suami juga jadi saya gak bisa terus liatin kegiatan anak saya. Takut juga sih anak saya maen sama orang gak bener. Yah saya paling berusaha deketin dia sama agama aja supaya dia punya iman yang kuat gak kegoda sama hal-hal yang gak bener..”

4. Menurut ibu bagaimana kalau seorang pelajar udah pake narkoba?
“Pasti uda gak bisa skolah yang benerlah, otaknya uda racun smua. Pasti buat masalah trus..”


No comments:

Post a Comment